13.11.08

Gowok / Eugenia polycephala

Pernah lihat buah gowok yang besarnya seukuran telor ayam? K.Heyne (1987) pernah mendapatkan laporan dari tuan De Bie (saya ngak tahu ini siapa, sepertinya teman dari K.Heyne) bahwa di Yogyakarta terdapat pohon gowok dengan daging buah yang manis dan ukurannya sebesar telur ayam. Wah….beusar sekali ya….
Apakah buah yang terkenal itu terdapat di daerah GOWOK? Daerah GOWOK ini terdapat di antara pertigaan Janti dan pertigaan UIN (Universitas Islam Negri), tepatnya di sebelah utara mall Ambarukmo Plaza.


Saya tidak yakin kalau daerah sekitar Amborukmo Plaza ini punya ketinggian antara 1000 – 1800 meter diatas permukaan laut, karena rumah mbah Maridjan aja ada di ketinggian 900an mdpl.. Tapi kenapa K.Heyne mencatat kalau pohon Gowok tumbuh liar di jawa pada rentang ketinggian ini ya? Sepertinya pohon Gowok telah didomestikasi menjadi tanaman buah yang digemari karena sekitar tahun 1980an, setiap musim kemarau, buah ini banyak dijajakan. Jangan tanya kalau sekarang. Yang ada di toko-toko buah hanya buah-buah impor, yang sebenarnya adalah buah-buah sisa yang dijual ke negara kita yang selalu saja dianggap miskin sehingga hanya mampu membeli buah-buahan sisa. Kurang ajar!Ayo makan buah yang kita punya aja….termasuk Gowok tentunya ! yuukkkkk………

7 komentar:

chaiyen mengatakan...

gowok asemmmbangettttttttttt :(
lotis nya sukabumi pake kupa (gitu nama gowok di sana). tapi cuman lebih gede dikit dari zaitun gede

chaiyen mengatakan...

sori ya gowok, udah aku jelek2in. untuk fair nya. gowok kan warnanya ungu tua (jadi kayak hitam), jadi mungkin kaya antosianin ya. antosianin: fitokimia yang bisa bantu tubuh cegah kanker

Ige mengatakan...

hehehe....si Gowok nih..pemaaf kok...
ngak pernah marah meski dijele'k-jelek in...tapi marah kalau dilupakan....

chaiyen mengatakan...

yakin sapa yang pernah makan gowok ga kan lupa lagi. pelet gowok namanya (tuh baru sebut namanya aja glandula saliva langsung teraktifkan :)

Ige mengatakan...

woo...gowok ada yag udah dibuat pelet ya cie?
wah...pengolahan pasca panen nih...pelet yang bikin ngiler...ces...ces...ces... :)

kangbas mengatakan...

Gowok dan Gawok sama gak? Ning Solo kan ada juga nama daerah ngGawok..

ige mengatakan...

waduh...
mboten ngertos je Pak...

mungkin sama ya...biasanya keselip lidah aja...