4.9.08

Timoho / Kleinhovia hospita



Jalan timoho yang membujur arah utara-selatan dari pertigaan kampus Universitas Islam Negri di Jalan solo sampai perempatan Balaikota Kotamadya Yogyakarta memang berada di daerah Timoho. Meski berderet pohon menghiasi jalan Timoho, namun tidak ada jenis pohon timoho. Saya pernah bertanya pada beberapa siswa di salah satu SMU ternama yang berada tidak jauh dari jalan Timoho, “dimana ada pohon Timoho di sekitar sini?” Jawabannya mengejutkan, “Timoho itu nama pohon ya mas?”. Oo…pikir saya….ya sudahlah…ditanyain kok malah balik tanya….
Untuk kawan-kawan yang tinggal di daerah timoho, kalau mau lihat foto pohon timoho silahkan lihat disini. Sayang tidak ada keterangan lokasi pemotretan pohon ini. Jika dilihat dari pemagaran yang dilakukan, sangat mungkin pohon timoho ini dikeramatkan, seperti juga yang tejadi di daerah Jenar Kidul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworedjo dan di Dusun Dukuhan XIII, Desa Sendang Agung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman.
Kayu timoho dikenal sebagai salah satu bahan pembuat warangka keris atau tombak. Bahkan ada beberapa motif yang dianggap membawa tuah tertentu bagi pemiliknya.


Nama Timoho adalah warisan leluhur yang kemungkinan besar diberikan karena dahulu di daerah ini banyak ditemukan pohon Timoho. Alangkah baik, jika Timoho menjadi salah satu jenis pohon yang digunakan untuk menghijaukan daerah ini. Paling tidak pertanyaan anak-anak kita, seperti yang pernah dilontarkan kepada saya tidak akan terulang….

Tidak ada komentar: