12.9.08

Dadap / Erythrina lithosperma

Kalau lagi jalan-jalan ke lereng selatan G.Merapi, pohon Dadap selalu menjadi tujuan untuk bisa melihat burung. Pohon Dadap selalu menjadi rebutan banyak jenis burung, mulai dari Betet (Psittacula alexandri), Caladi ulam (Dendrocopos macei), dan Takur tohtor (Megalaima armillaris) yang menjadikan batangnya sebagai tempat bersarang. Kutilang (Pycnonotus aurigaster), Kepudang (Oriolus chinensis), berbagai jenis burung madu, dan hampir semua burung pemakan serangga dan nektar akan berebut makanan di pohon dadap yang sedang berbunga. Sementara itu Perling kecil (Aplonis minor) sering beristirahat dalam kelompok besar di pohon Dadap.

Banyak yang menolak pohon Dadap karena berduri, padahal ada juga yang tidak berduri terutama yang umum dibudidayakan dengan stek. Orang jawa menyebutnya Dadap Srep, sementara orang Sunda menyebutnya Dadap lesang dan orang madura menyebutnya Dhadhak menyak (Heyne, K.,1987). Kecuali jika kita membutuhkannya untuk pagar kebun, ditanam bersama Secang dan Salak, maka varietas yang berduri atau yang berduri sebagian tentu menjadi pilihan tepat.

Sedoyo penyakit manthun kanthi Dadap srep mas”, begitu seorang nenek menjelaskan alasannya menanam pohon Dadap srep di depan rumahnya di salah satu sudut di sebuah desa di Sleman-Yogyakarta. Memang khasiat daun dan kulit pohon Dadap Srep sebagai obat telah banyak di kenal, diantaranya untuk obat demam, obat mata, dan untuk menggiatkan keluarnya air susu ibu (Heyne, K., 1987). Selain itu, daun Dadap juga digemari oleh ternak karena kandungan proteinnya yang tinggi. Guguran daun menyuburkan tanah dan kerimbunan daunnya menekan pertumbuhan gulma sehingga sangat baik digunakan sebagai perindang di kebun teh. Tetapi jangan sampai tertukar dengan jenis Dadap laut / dadap ayam (Erythrina variegata) yang mampu hidup dari tepi pantai yang masih dapat dicapai oleh ombak sampai ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut (mdpl) dan meranggas saat musim kemarau. Dadap srep hidup pada ketinggian antara 300 mdpl. – 1500 mdpl., terutama pada tanah pasir dan tanah lempung aluvial (Heyne, K., 1987).

foto Dadap Srep
Manfaat Dadap srep untuk pengobatan terutama khasiat daun dan kullit


manfaat Dadap ayam (Erythrina variegata) yang lain
1. warintek
2. asiamaya

info tambahan tentang Dadap dari WAF

1 komentar:

Anonim mengatakan...

dadap srep, tidak hanya buat obat. jaman mataram kuno s/d sekarang daun dadap srep jadi sarana untuk menggelar ritual(jawa). Sarana yang melambangkan bahwa dalam diri manusai ada 3 kejadian, 3 unsur jiwa, dan 3 keadaan svarga.

(dari Om Yogi)